Read more of Rohingya refugees in Aceh
October 31, 2015

Workshop: Building Your Volunterism Spirit

 

Workshop.
Value of Live: "Building Your Volunterism Spirit"
Knowing Children's Media Centre
October 14-16, 2005. Kota Langsa. Aceh

 

 

Volunteering it's not only about giving, but we earn back too.
The return is something higher, something that money can't buy.

Permasalahan kemanusiaan tidak akan selesai dengan uang saja. Siklus kehidupan menawarkan berbagai fenomena permasalahan yang tidak akan pernah putus hingga berakhirnya kehidupan itu sendiri. Manusia hidup dengan berbagai macam tawaran permasalahan yang harus dihadapi. Setiap permasalahan tidak selalu dapat diselesaikan hanya dengan uang. Baik permasalahan individual hingga pada permasalahan kelompok.

Permasalahan-permasalahan kelompok ini merupakan bagian yang tak terpisahkan daripermasalahan kemanusiaan yang disebabkan oleh proses sosial maupun bencana alam. Permasalahan kemanusiaan yang paling sering menjadi perhatian diantaranya adalah permasalahan lingkungan, situasi politik, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, peperangan, bencana alam dan berbagai permasalahan lainnya.

Permasalahan kemanusiaan pastinya menjadikan manusia sebagai objek atau korban. Manusia selaku makhluk sosial pun selalu membutuhkan orang lain dan tidak mampu hidup sendiri. Bahkan dalam menyelesaikan permasalahan pribadinya sekalipun manusia tetap membutuhkan bantuan manusia lain. Manusia yang pada dasarnya memiliki kemuliaan hati yang tulus selalu berusaha untuk dapat membantu sesamanya dalam batas kemampuannya. Dalam perhitungan utama kehidupan sebahagian besar manusia akan berusaha melakukan kebaikan demi menciptakan kebermanfaatan bagi orang lain atau orang disekitarnya. Hal inilah yang dikatakan sebagai kesukarelawanan. Semangat kesukarelawanan ini tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi sekitarnya namun secara pribadi akan berdampak positif bagi dirinya sendiri sebagai makhluk sosial. Semangat kesukarelawanan yang tercipta dalam bentuk perilaku memberikan proses pembelajaran bagi indiviu itu sendiri untuk berkembang.

Pemuda/i merupakan kekuatan terbesar dalam melakukan kebaikan untuk sesama dengan membangun semangat kesukarelawanan di dalam jiwanya. Kesukarelawanan yang didasari pada niat baik merupakan sikap yang harus selalu dilatih dan diwujudkan dalam perilaku sehari-hari dengan terus menaikan level kebaikan yang dilakukan. Volunteering it’s not only about giving, but we earn back too. The return is something higher, something that money can’t buy. So, jika kamu mengaku sebagai pemuda/i tunggu apalagi latih semangat kerelawananmu setiap hari dengan menaikan level kebaikanmu... lihat sekelilingmu, berikan dampak positif bagi sekitarmu...

Read 877 times
Sign up for newsletter